Monday, January 11, 2016

Cara Mengobati Kaki Kucing Yang Patah / Keseleo Dalam Waktu Tiga Hari

https://youtu.be/WyMl6KRyraI
Cara Mengobati Kaki Kucing Yang Patah / Keseleo Dalam Waktu Tiga Hari


Temen-temen, pernah gak melihat kucing peliharaan yang abis maen keluar rumah, tiba-tiba jalannya pincang? Itu bisa jadi kakinya keselo atau patah. Bingung bagaimana cara mengobatinya? Mau dibawa ke dokter hewan, lagi gak punya uang. Ngobatin sendiri, bingung bagaimana caranya. Jadi merasa cemas dan serba salah.

Guys, kali ini aku akan membagikan pengalamanku dalam mengobati kucingku yang sakit, si Cemong. Beberapa hari yang lalu, aku melihat kucingku, si Cemong berjalan ke dapur untuk minum dalam keadaan terpincang-pincang. Aku kaget, karena sebelumnya dia baik-baik saja. Aku periksa kaki kanannya yang pincang. Saat aku pegang, dia mengeong kesakitan dan berusaha menarik kakinya dari tanganku. Si Cemong rupanya kakinya keseleo. Kasihan aku melihatnya, badannya jadi panas dan gak mau makan… hiks :-(
Kakinya diperban dulu ya Cemong, biar sembuh
Berdasarkan saran dari saudaraku, aku mengobati kaki Cemong dengan batang sereh. Ambil sereh sebanyak satu batang, ditumbuk sampai halus, setelah itu dioleskan ke bagian yang sakit, lalu diperban. Diperbannya juga sangat sederhana, pakai kain bersih yang nggak terpakai (ukuran disesuaikan dengan kondisi kaki yang sakit), lalu ikatannya juga pakai tali rafia (pakai tali sepatu juga boleh, hehe). Ikat yang kecang biar gak lepas. Kalau perbannya lepas sebelum 3 hari, harus diperban lagi (kaya Cemong, bandel banget. Karena kurang kencang, perbannya berhasil dia lepas T.T ). Tapi ingat ya Guys, gak boleh dikat kakinya pakai karet gelang. Itu berbahaya karena karet gelang bisa menyusut dan menyebabkan pembuluh darahnya gak jalan. Kalau dibiarkan, lama kelamaan kakinya bisa putus! Hiyy… sereeem… 
Batang sereh yang sudah ditumbuk
Batang Sereh
    Walaupun Cemong jadi bête dan mukanya memelas, aku biarin aja. Tega gak tega sih, tapi demi kebaikan dia juga, jadi yaah terpaksa deh tega dulu.. (hiks.. :-(, maafin Mommy ya Cemong). Untuk menurunkan panas badannya, aku memberikan Cemong obat warung yang mengandung Parasetamol atau penurun panas. Satu butir obat aku bagi empat bagian. Karena untuk kucing gak boleh banyak-banyak, nanti bisa overdosis. Kalau panasnya udah reda, gak usah dikasih obat lagi yaa Guys..
Kurang lebih tiga hari, perbannya baru aku lepas. Dia seneng banget ketika perbannya dilepas dan udah gak sabaran pengen jilatin kakinya yang selama ini terpenjara (haaah… lebbay nih Cemong) sampai-sampai tangan aku yang lagi ngelepas kain perbannya dijilatin, hehe (dia kira tanganku kakinya kali yaa… :-D)
Muka bete Cemong. Iiyy jadi takut nih..
Setelah aku lepas, lebih dari setengah jam dia jilatin kakinya. Aku dorong-dorong dia supaya berjalan. Bête kali yaa dia, ga mau nurut sama aku…T.T
Tapi, akhirnya setelah dipaksa-paksa, dia mulai berjalan… Daaaaaaaaaaaannnnnn, Alhamdulillah! Si Cemong bisa berjalan kembali dengan normal… bahkan sekarang sudah bisa bercanda lagi dengan adiknya… :-) Udah gak bête lagi kaaan sekarang ama Mommy? (udah gak lah, soalnya sekarang selalu ngelus-ngelus manja di kaki aku… :-D )
Nah Guys, kalau kucingnya mengalami hal yang sama dengan Cemong, silahkan dicoba cara yang aku pakai. Gak mahal, gak ribet dan sangat ampuh!
Selamat mencoba, semoga kucingnya lekas sembuuh..^^


Catatan  :        
Ø  Untuk kucing yang kakinya patah, pengobatannya lebih lama, yaitu sekitar dua   minggu. Pengobatannya pun bukan pakai perban, tapi di Gips.
Ø  Pengobatan menggunakan daun sereh ini bisa juga diaplikasikan untuk hewan lain, seperti pada burung, kelinci, anjing, dan hewan lainnya.

silahkan di share...^^


                               9 Hal Positif Memelihara Kucing
                               pertolongan-pertama-pada-kucing-sakit
                               cara-mengobati-diare-atau-mencret-pada-kucing
                               tingkah-lucu-dan-menggemaskan-kucing
                               apakah-kucingmu-menyukaimu-inilah-9-tanda-kucing-suka-padamu
                                   
 
 

18 comments:

  1. Sorry just info...kucing tidak boleh diberikan paracetamol atw sejenisnya...karena kucing tidak bisa mencerna paracetamol akibatnya kucing akan keracunan dan meninggal...dan satu lagi, kucing jg tidak boleh diberikan susu bayi atw susu manusia, susu yang dianjurkan untuk kucing adalah susu yg BEBAS LACTOSA...INGAT ya guys info ini penting banget untuk kalian yg memiliki kucing...tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo ka, terimakasih atas kritik dan sarannya...^^
      Saya hanya memberikan dalam jumlah kecil dan tidak untuk jangka panjang.
      Alhamdulillah kucing saya sampai sekarang sehat, segar, gemuk dan lincah^^

      Delete
  2. Hai kak makasih loh infonya.. Kucingku jg skg lg kesleo :(.. Aku gaada sereh jd aku kasoh counterpain aja, boleh gak ya? Trus cara ngikat kaki pake kainnya gimana? Orang dia berontak terus :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo...
      Jangan pakai counterpain ka...:-(
      untuk manusia saja kalau kita tidak ikuti aturanefeknya sangat fatal... counterpain bukan untuk membetulkan tulang patah, tapi untuk otot...
      Saya biasanya berdua/bertiga dengan saudara untuk membntu memberikan bubuk sereh dan mengikatnya. Kalau sndrian memang agak susah, apalagi kalau kucingnya berontak...

      Delete
  3. Setauku kucing ga boleh di kasih paracetamol lho mbak. Parasetamol memiliki efek toxic jika diberikan pada kucing, krn Kucing kekurangan enzim glucuronyl transferase yang diperlukan untuk memecah paracetamol secara aman dan sejumlah kecil paracetamol kecil yang dikonsumsi oleh manusia dan diberikan ke kucing sudah dapat menimbulkan efek yang fatal. Efek sampingnya adalah kerusakan sel hati dan sel darah merah, sehingga mengakibatkan anemia..cmiiw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo ka, terimakasih atas kritik dan sarannya...^^
      Saya hanya memberikan dalam jumlah kecil dan tidak untuk jangka panjang.
      Alhamdulillah kucing saya sampai sekarang sehat, segar, gemuk dan lincah^^

      Delete
  4. Mba, penggunaan paracetamol atau obat penurun panas pd manusia kekucing itu berbahaya sekali. Coba mba browsing aja di google utk cari tau kebenarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo ka, terimakasih atas kritik dan sarannya...^^
      Saya hanya memberikan dalam jumlah kecil dan tidak untuk jangka panjang.
      Alhamdulillah kucing saya sampai sekarang sehat, segar, gemuk dan lincah^^

      Delete
  5. kabar baik

    Saya harap bonitanoi akan menjadi tempat yang baik dan membantu orang lain dengan pelayanan terbaik.

    https://www.rawatkucing.com

    ReplyDelete
  6. Hai kalo boleh tau kamu kasih obat parasetamolnya merk apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo...
      Merk apa saja ka gpp, yang penting ada kandungan paracetamolnya...
      hanya pemberiannya tidak boleh dalam jangka panjang ya Ka...

      Delete
  7. Mbak maaf FYI kucing tidak diperbolehkan diberi parasetamol nanti bisa koid kucingnya. Berbeda dengan manusia, tubuh kucing tdk bs menguraikan zat yg terkandung dalam parasetamol.

    Baca:
    http://www.meongers.com/ketika-sakit/efek-bahaya-parasetamol-pada-kucing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo ka, terimakasih atas kritik dan sarannya...^^
      Saya hanya memberikan dalam jumlah kecil dan tidak untuk jangka panjang.
      Alhamdulillah kucing saya sampai sekarang sehat, segar, gemuk dan lincah^^

      Delete
  8. kucing aku baru umur 2 minggu jatuh dan kakinya patah, klo diperban pake sereh sudah boleh belum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo ka... Boleh" aja Ka..
      kucingku Micky juga pernah mengalami hal yang sama ketika dia masih kecil... alhamdulillah sembuh^^
      cuma kitanya masti ekstra menjaganya biar mereka ga banyak gerak

      Delete
  9. makasih ka ilmunya... semoga kucingku juga segera pulih

    ReplyDelete

 
Butterfly's Blogger Blogger Template by Ipietoon Blogger Template