Monday, January 11, 2016

Cara Mengobati Diare atau Mencret Pada Kucing



Cat lovers, sebelumnya kita sudah membahas tentang pengobatan tradisional pada kucing peliharaan yang terkena flu, batuk, radang tenggorokan maupun belekan. Untuk penjelasan mengenai cara pengobatan pada kucing flu atau batuk, silahkan klik di sini..
Kali ini, aku akan membahas bagaimana mengobati kucing yang terkena diare atau mencret. Biasanya, pada musim penghujan atau perubahan cuaca (pancaroba) seperti sekarang, manusia mudah sekali terkena sakit, tak terkecuali hewan peliharaan seperti kucing. Untuk hewan peliharaan seperti kucing, penyakit yang kadang datang adalah flu, batuk atau mencret bahkan diare.

Waktu itu, kucing peliharaanku, si Cemong dan si Untung terkena mencret. Bahkan si Untung mencretnya parah, bisa dibilang diare. Tak mau menunggu lebih lama, aku segera melakukan P3K (Pertolongan Pertama Pada Kucing). Sama seperti manusia, kucing yang mencret atau diare juga akan mengalami dehidarasi/kekurangan cairan tubuh. Jika tidak segera diobati, maka tubuhnya akan lemas, dan lama kelamaan akan mati. Pertolongan pertama yang kulakukan adalah, aku segera membuat cairan oralit. Aku gunakan oralit sebagai pengganti air minumnya.
Si Untung
Untuk Cemong, yang sakitnya tidak terlalu parah, aku memberikan obat mencret yang bisa didapatkan di warung. Satu butir obat, dibagi empat bagian. Karena untuk kucing dosis yang diberikan berbeda dengan dosis pada manusia. Jika terlalu banyak, bisa overdosis. Jika dia dalam sehari Pupnya masih satu atau dua kali sehari, tapi mencret, aku biasanya memberikan obat mencret ¼ tablet 3x sehari. Tapi jika pupnya lebih dari tiga kali sehari, seperti si Untung, maka dosisnya aku tingkatnya menjadi ½ tablet 3x sehari. Alhamdulillah biasanya, kurang lebih dalam waktu tiga hari, Cemong dan Untung pupnya sudah normal kembali.
https://youtu.be/WyMl6KRyraI
Selain obat warung, obat tradisional juga bisa diberikan kepada kucing yang mencret atau diare. Biasanya, kalau tidak memakai  obat warung, aku memakai kunyit + daun jambu biji. Caranya, ambil kunyit sebesar 1 ruas jari. Campur dengan dua s/d tiga helai daun jambu biji yang masih muda, kemudian tumbuk sampai halus, kasih garam sedikit saja, beri air matang 1 sendok makan. Setelah itu, ambil airnya saja menggunakan saringan. Berikan sebanyak 2 sendok teh kepada kucing 3x sehari sampai sembuh.
Si Cemong
Kunyit digunakan sebagai antibiotik untuk membunuh kuman/virus , daun jambu biji digunakan untuk memampatkan pupnya dan garam digunakan agar rasanya tidak terlalu pahit. Jika kesulitan menggunakan sendok, agar lebih mudah bisa menggunakan suntikan/pipet yang biasa dijual di petshop.
Jika dalam waktu dalam waktu 4-5 hari belum ada perubahan, maka segeralah bawa ke klinik dokter hewan terdekat.
Jangan menyerah sebelum berusaha yaa guys…
Silahkan di share, semoga bermanfaat…


2 comments:

  1. Halo kak... senang sekali baca post ini, benar2 sangat membantu. Aku baru mau coba besok ke kucing yang tinggal di salah satu shelter transjakarta. Btw aku punya bbrapa pertanyaan: 1) Keadaan kucing yang aku mau obatin itu kaki depna kirinya menggantung dan tdk bisa injak tanah jd jalannya pincang dan ada daerah yang bengkak di pergelangan kakinya itu hampir dekat dengan ketiaknya seperti bengkak karen kakinya pincang itu. Apakah keadaan kucing kakak mirip seperti kasus kucing ini? 2) Serehnya hanya dihancurkan kasar atau bisa pakai sereh yang bumbu halus yang bisa beli di pasar? Tolong balas. Terimakasih. Bisa juga bls via WA di 083808422121 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Ka...
      Maaf baru sempat baca dan balas komentarnya, dikarenakan kesibukan satu dan lain hal.
      1. Untuk bengkaknya harus dipastikan dulu karena apa Kak. kalau memang karena kaki pincangnya, bisa dicoba yang bengkaknya dikompress air hangat 3x sehari sampai bengkaknya hilang, atau bisa juga diolesi balsam, tipis aja ( yang penting tidak ada lukanya di area yang bengkak ) dan jangan smapi dijilat sblum kering.
      2. Lebih bagus sih sereh yang langsung diambil dari batangnya Kak, karena masih murni dan masih segar, jadi manfaatnya juga masih sangat bagus... Aku belum pernah nyobain sih pake sereh bubuk, cuma kayanya aku kalau ada sereh yang batang. Kecuali urgent dan terpaksa pakai yang bubuk krna tidak ada sama sekali.
      Selamat mencoba ya Ka, semoga bermanfaat^^

      Delete

 
Butterfly's Blogger Blogger Template by Ipietoon Blogger Template